My Green Iggy - JobLess

Breaking

Friday, July 22, 2011

My Green Iggy



Perkenalkan kawan" semua, ini baby iguana yang aq beli kira" bulan lalu tanggal 20 Juni 2011 kalo gag salah inget... hehe...

Masih jumpy banget sampai skarang, tapi ya lumayan lah udah maw nangkring di pundak.

Memelihara iguana gag susah kok, dya herbivora jadi kasi makan sayur"an aja. Kalo yang masih baby gini makannya gag banyak, paling beberapa helai daun kangkung sehari. Dari hasil pengamatanq sebagai pemilik sih, dya doyannya sayuran yang daunnya hijau, kalo yang warnanya putih misalnya kol ato sawi dya kurang doyan. Sayur yang paing dya doyan seyh kangkung ama selada.

Nah ini salah satu banyak persepsi salah, banyak orang mengira reptil itu gag perlu minum ato air. Iguana sangat perlu minum, walaupun dya minunya gag banyak, tapi selalu sediakan air di dalem kandangnya. Tapi karena dya makannya sayur, dan sayuran mengandung air, jadi dya minumnya gag sering deh, sama halnya dengan kelinci.

Untuk perawatan juga ga ribet, cukup rutin bersihin kandangnya aja. Ya hewan mana bakal sehat kalo kandangnya kotor kan... Trus jemur setiap hari, kalo pagi sekitar jam 7 - 10, kalo sore dari jam 4 - 6 sore. Jemurnya gag usah lama-lama, 30menit aja cukup. Fungsinya biar iguananya dapet vit D dari sinar matahari yang bikin tulang-tulangnya kuat, agar ga kena penyakit tulang (katanya sih gitu... hehe...).

Kemudian mandi. Iguana juga perlu mandi loo... Biar bakteri ama jamur yang nempel-nempel di kulitnya mati. Cara mandiinnya cukup di rendem aer anget aja sampai seukuran leher iguananya. Kalo bisa aer angetnya dikasi detol untuk membunuh kuman dan bakterinya.

Nah ada suatu kondisi iguana mogok makan ato gag mau makan, kalo pada iguanaq seyh kasusnya pas dya baru nyampe dirumah, maklum belinya di jawa tengah n lokasi q di bali, jauh... hehe...
Kalo terjadi kondisi seperti itu kasi aja dia rutin makanan, bila perlu kasi vitamin...
Iguana punya vitamin.? Punya donk, nama vitaminnya VitaGel, bentuknya kayak odol gitu, sama ama vitamin buat anjing. Gunanya buat nambah nafsu makan.

Ya gitu aja seyh cara memelihara iguana, gag ribet kan... simple banget... hehehe...
Bagi yang tertarik silahkan mencoba ya,,,
Oya kalo maw tau banyak tentang reptil apapun itu jenisnya, bisa gabung n baca-baca di forum ini...
www.reptilx.com


UPDATE IGGY SETELAH 1TAHUN :D

Nah ini penampakan dari iggy setelah berumur kurang lebih 1tahun.. bisa di bandingkan waktu masih kecil ukurannya gak lebih besar dari telapak tangan,sekarang udah hampir se lengan.. hahaa..

Semakin besar tuu semakin repot untuk motong kukunya si iggy... kukunya semakin panjang dan semakin tajam... kalo dya jalan di tangan dengan kuku yang belum terpotong, bisa baret-baret ntu tangan... (pengalaman) soo don't try this at home.. wkwkwkwkwk 


 Semoga Bermanfaat