Wednesday, October 30, 2013

UTAK ATIK ANDROID

Kali ini akan membahas tentang mengutak atik android. Mengutak-atik disini gak dimaksudkan membongkar hape android, trus di pasangin modifikasi-modifikasi gitu, tapi mengutak atik sistem operasinya.


Apa aja yang dimaksud mengutak-atik disini? Ngeroot, Ngeflash dan melakukan swap memory.

Ngeroot, ngeflash, ngeswap memory?? Makanan apa itu?? XD

Jelaslah bukan makanan dong yaa,, hahaha.. Okeh disini akan cang deskripsikan apa seh arti dari kata-kata aneh nan menggiurkan tersebut :P

Ngeroot, root=akar dalam bahasa inggris. Bukan berarti cang ngajarin mengakarkan sistem android itu secara matematika (gilee ajeee, cang gen sing ngerti), atau membuat android cang berakar gitu (horor) wkwkwkwk. Maksudnya ngeroot disini adalah membuka akses ke sistem Root dari perangkat android itu. Sistem root itu ibaratnya seperti system32-nya di windows lah (gak tau bener apa gak :P). Sistem root pada android umumnya itu di lock untuk alasan keamanan perangkat. Maksud dari keamanan disini biar user itu gak seenaknya ngubah-ngubah file yang ada di sistem yang dapat merusak sistem itu sendiri, alhasil sistemnya erorr deeh. Jadi, kalo sistemnya udah di root, janganlah asal-asal ngedelete file ato ngubah-ngubah file kalo gak maw berakhir menjadi keeroran sistem. SO.. DO WITH YOUR OWN RISK YAKK!!

Ngeflash, pengertian gampangnya dari ngeflash itu nginstal ulang OS Android dari perangkat kita. Baik itu downgrade ataupun upgrade dinamakan ngeflash. Kesalahan pada saat ngeflash bisa mengakibatkan perangkat jadi restart-restartan atau bahkan booting berulang-ulang (bootloop). SO.. DO WITH YOUR OWN RISK JUGA YAKK!!

Ngeswap memory, maksudnya disni bukan ganti memory cardnya yaa... Kalo ganti memorycardnya mah gak usah di ajarin, tinggal cabut n pasang aja gampang, wkwkwkwk... Swap memory maksudnya disini adalah menukar posisi memory internal dengan memory external. Memory external jadi internal, internal jadi external. Ngapain ditukar, gunanya apa men?? Nah gunanya disini untuk perangkat yang memiliki kapasitas memory internal yang kecil. Karena memory internalnya kecil, jadinya gak bisa nyimpen aplikasi atau bahkan game yang banyak, cara mengakalinya yaitu di swap deh. ALSO DO WITH YOUR OWN RISK :P

Itu dah penjelasan singkat tentang kata-kata aneh nan menggiurkan tadi. Untuk kelinci percobaan disini, dilakukan utak atik pada perangkat android dengan merk SAMSUNG seri i8150 (Galaxy Wonder), jadi untuk keberhasilan di perangkat lain gak jamin deh yaa.. wkwkwkwk..

Sebelum mulai, silahkan download peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan utak atik. Link download ini didapat di forum kebanggaan indonesia yaitu KASKUS yang di upload oleh agan whitera8bit.


Untuk fungsi dari tools tersebut akan dijelaskan langsung pada kasusnya masing-masing. Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment