Okayy... Posting kali ini akan menampilkan tutorial untuk menampilkan sebuah gambar baik itu dari bawaan aplikasinya yang biasanya disimpan di folder "drawable" ataupun dari luar aplikasi. Nah untuk widget yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar dapat digunakan widget yang bernama "ImageView". Nah untuk menyetting ImageView pada layout XML dapat dilakukan seperti coding berikut:
<ImageView android:id="+@id/tampil" //ini id dari widgetnya
android:layout_width="fill_parent" //setting lebar dari widget
android:layout_height="150dp" /> //setting tinggi dari widget
Nah itu setting sederhana dari widget ImageView, bisa ditambahin coding" yang lain contohnya seperti android:layout_gravity="center" atau android:layout_margin dan yang lain lah tergantung kebutuhan, hehehe...
Kalo udah menyetting widget ImageView di layout XMLnya coding pada javanya ada beberapa versi lah tergantung kebutuhan juga. Kalo mw nampilin gambarnya dari dalem aplikasinya, berarti gambar yang akan di tampilkan harus ada di folder drawablenya, caranya copas aja file gambarnya ke folder drawable yang mana aja sesuai kebutuhan, hehe.. Kalo udah di copas untuk coding menampilkannya bisa seperti ini :
ImageView image = (ImageView)findViewById(R.id.tampil); //deklarasi variabel "image" sebagai widget "tampil"
image.setImageBitmap(R.drawable.enigma); //misalkan nama file di drawablenya enigma
Nah sederhana kan, iya emank sederhana kok orang cuman nampilin doank.. hahaha.. Itu tadi coding kalo imagenya ada di drawable, tinggal panggil imagenya aja dengan coding "R.drawable.namafile".
Oke, next akan dicoba menampilkan gambar yang ada di sdcard. Ketentuannya gak jauh beda, settingan pada XML masih sama, dan yang utama harus tau lokasi file yang akan di tampilkan, contohnya "mnt/sdcard/enigma.jpg". Yook langsung aja menuju coding javanya :
ImageView image = (ImageView)findViewById(R.id.tampil); //deklarasi variabel "image" sebagai widget "tampil"
Bitmap bmp = BitmapFactory.decodeFile("/mnt/sdcard/enigma.jpg"); //mendeklarasikan variabel bmp bertype Bitmap guna menyimpan gambar
image.setImageBitmap(bmp);
Nah bedanya cuman ada variabel untuk menyimpan file Bitmapnya. Kenapa bitmap, ya karena fungsi dari setImageBitmap() itu membutuhkan nilai yang bertype bitmap. File Bitmap itu bisa berasal dari drawable, variabel bertype bitmap, ataupun dari array yang diubah menjadi bitmap.
Siip deh, cukup sekian pengetahuan singkat dari widget ImageView, semoga bermanfaat yoo...