Tuesday, May 15, 2012

First Project On Android

Okaayy.. Kembali memposting tutorial GaJeBo untuk Android Development.. sebenernya di blog" lain udah banyak seyh tutorial macam ini, cuman pengen aja ikut"an buat (lahir di pemilu). hehe. langsung aja ya, untuk membuat project di android, hal yang diperlukan sebelumnya adalah membuat AVD managernya, kalo belum buat, buat dulu gih.. tutorialnya disini.

Nah kalau sudah buat AVD managernya, lanjut ke membuat project. Buatnya gag susah, tinggal klik File/New/Project(bukan JavaProject) akan muncul window seperti ini :
 Pada window select wizard ini pilih Android Project, lalu klik tombol next.

Window selanjutnya akan menampilkan android platform yang akan digunakan. Karena tutorial sebelumnya membuat AVD dengan platform 2.3.3, maka platform yang dipilih kali ini adalah yang 2.3.3




Kemudaian isikan nama dari project yang akan dibuat, contohnya halloAndroid.

Window selanjutnya berisikan field untuk memberikan package namenya... package name harus 2 kata dengan dipisahkan oleh titik. kebayang gak,, ya kalo gak kebayang liat gambar diatas aja.. hehehe.. setelah itu klick finish, rebes deh..

Nah tahapan membuat project dah rampung, sekarang membuat isi projectnya.. untuk pertama kali ini cuman menampilkan tulisan aja. Pertama tama cari main.xml yang ada di folder res/layout/main.xml yang ada di explore eclipsenya. Buka dah tu main.xml, isinya itu tampilan atau interface aplikasi yang qta akan buat.

Nah kurang lebih akan tampak tampilan seperti gambar di atas. Selanjutnya drag tulisan "Medium" itu ke area aplikasi qta buat. Medium itu merupakan jenis TextView Widgets yang ukuran fontnya medium yang akan qta gunakan untuk menampilkan tulisan nantinya. Setelah di drag, ubah view layouting dari graphical layout ke main.xml (cari hayo masak ga ketemu :P), itu akan mengubah tampilan ke basis coding.

Nah akan tampil kurang lebih seperti gambar di atas, ubah coding sesuai dengan gambar di atas. Akan aq jelasin dikit ya, dikit aja tapi, alnya kalo banyak aq juga ga ngerti" banget :P he.. Tag LinearLayout paling atas itu merupakan type layouting yang dipakai, untuk apa itu linear layout, bisa di googling dlu deh, blm sempet bikin tutorialnya, hehe.. Trus TextView yg pertama itu tulisan "Hello Word, HelloAndroidActivity" tadi, liat gak ada tulisan begitu, hehehe,, TextView ini boleh di apus kalo mau. Kemudian TextView yang kedua itu medium text yang di drag tadi. Android:id itu id dari medium textnya, boleh diisi apa aja seyh, cuman nama untuk memanggilnya nanti.

Kalo udah seperti gambar, sekarang pindah ke coding javanya, cari main.java di src/package.name/main.java (awas gak ketemu). nah sekarang dimulai pengkodingan javanya. sedikit aja kok codingnya karena cuman nampilin tulisan doank kan.. hehe.. Kalo udah ketemu, buka dah tu main.java

Nah buatlah coding seperti gambar diatas ini. Gini penjelasan codingnya, untuk package kan nama package yang kita buat tadi, trus yang import-import itu bukan expor impor ya hehe.. itu mengimport lybrary apa yg kita mau gunakan, mungkin lebih jelasnya dicari di dasar" pemrograman java. Import" ini ga usah di ketik, nanti setelah qta coding bisa kluar otomatis dengan menekan ctrl+shift+o. TextView text; itu maksudnya kita mendeclare variabel bernama text dengan type TextView. Pada bagian onCreate ini script yang dijalankan pada saat aplikasi dijalankan.

Udah kan ngetik codingnya, kalo udah langsung di save trus di jalanin aja. Untuk menjalankannya ada tuh tombol run di toolbar atas, abis pilih run, pilih android aplication, nanti akan kluar android AVDnya. Booting AVD pertama kali emank agak lama, nah stelah booting akan kluar tampilan seperti ini.

Kalo udah tampil begitu selamat udah bisa buat aplikasi android sederhana...
horee... hip hip horee.. hahaha..
tunggu postingan selanjutnya yaa.. :P


 

0 comments:

Post a Comment