Android OS - JobLess

Breaking

Wednesday, October 30, 2013

Android OS

Apa sih itu android? Jaman sekarang gak tau android, kemana ajaa... wkwkwkwk... Siapa sih yang gak tau android, sebuah Operating System (OS) pada perangkat komunikasi bergerak atau yang sering disebut dengan handphone ini sudah sangat tak asing di telinga masyarakat, bahkan dadong-dadong uli bleleng pun tau android ini.. :P


Tapi!!! dibalik terkenalnya nama ANDROID di telinga masyarakat, ternyata tidak sedikit juga orang-orang yang salah pengertian tentang kata ANDROID ini sendiri. Cang banyak menemukan kasus orang-orang menganggap ANDROID itu merk sebuah handphone (care BB ketolah), ada juga yang menganggap ANDROID itu produk dari salah satu merk handphone (dalam kasus yang cang temui itu dibilang punyanya SAMSUNG), dan masih banyak lagi keanehan-keanehan dari nama ANDROID itu di masyarakat.

Nah, sebenernya posting kali ini akan menerangkan apa sih android itu sebenarnya... Jaje kah, minuman kah, ato sejenis rujak mungkin, wkwkwkwk... Tapi apakah posting ini akan sesuai dengan tujuannya meluruskan dari arti kata ANDROID itu, atau malah makin menyimpangkan artinya??? Pang be sing peduli, terserah ne mace gen be... wkwkwkwk...

Ok mari kita mulai!!!

ANDROID itu berdasarkan sumber wikipedia nie, dikatakan seperti ini "adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet". Ape sih sistem operasi, apesih Linux, apesih telepon pintar, apesih komputer tablet??? Adakah yang bertanya-tanya seperti itu?? Berikut singkatnya..

Sistem Operasi, nah adane gen be sistem operasi, terdiri dari 2 kata kan, kata sistem dan kata operasi kan... Jadi secara kasar dah bilang, sistem operasi itu adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengoperasikan ato menjalankan suatu alat atau perangkat. Sing ngerti sistem to ape? Bunuh diri gen muu.. hahaha..

Linux, nah ini ane agak sulit menjelaskan kepada orang awam :P Linux itu adalah sebuah sistem operasi komputer (biin ketemu sistem operasi XD). Sejenis ajak windows laah. Kalau dikatakan "berbasis Linux" itu artinya sistem operasinya memiliki cara kerja seperti Linux. Yaa pokokne keto lah, wkwkwkwk..

Telepon Pintar, masak sing nawang telepon pintar... Smartphone too... Bukan handphone punyanya si SMART yaa :P Yaa secara kasarnya, dikatakan smartphone karena handphone tersebut memiliki fungsi yang lebih dari sekedar berkomunikasi, makanya di katakan PINTAR.

Komputer Tablet, jangan dikira komputer berbentuk care tablet pil to lonjong. wkwkwkwk... gak tau juga kenapa dikatakan tablet, yang jelas komputer tablet atau kerennya tablet PC tu ane care kene loo..
Sumber Gambar : www.stockwatch.in

Nah, begitu gambaran singkatnya. Jadi bisa ditarik pengertian bahwa android itu adalah sebuah sistem yang memiliki konsep kerja seperti sistem Linux pada komputer, tetapi android ini bekerja pada perangkat smartphone atau tablet PC. Artinya, segala model smartphone dari berbagai merk bisa saja memakai sistem operasi ANDROID (bukan hanya SAMSUNG), dan sudah jelas kan berarti ANDROID itu bukanlah merk smartphone, tapi sistem yang berjalan pada smartphone tersebut.

Yaa gitu deh pokoknya, kalo masih kurang jelas, masih banyak artikel yang menerangkan apa itu ANDROID di internet, baca-baca lagi aja yeyy.. :P

NB : YANG BACA BUDAYAKAN KOMEN, ABIS KOMEN FOLLOW BLOGNYA!!! WAJIB!!